in Note

Mereka yang Menunggu

Kisah ini bukanlah  tentang mereka yang menunggu sebuah kematian seperti dalam karya foto Kevin Carter. Waiting For The Meal, begitulah sebuah adegan dramatis dikenal luas oleh publik. Sebuah pemandangan yang berkisah tentang  seorang anak kecil merangkak dengan sangat lamban menuju kamp makanan di sebuah daerah di Sudan pada tahun 1993. Di belakangnya, seekor burung bangkai bergerak pelan menanti kematian anak kecil di tengah luasnya tanah tandus.

Namun ini hanyalah sekadar kisah deretan raut wajah manusia yang bercampur letih dan cemas. Stasiun Kereta Api Lempuyangan malam itu menjadi persinggahan mereka dari Yogyakarta menuju Purwokerto, Bandung, Madiun, Jombang, Mojokerto, dan kota lainnya. Namun di antara wajah penat tersebut, ada pula yang sambil berdiri melepas tawa, mengabadikan diri dengan sebuah kamera ponsel, dan lain sebagainya saat menuggu jadwal keberangkatan kereta berikutnya.

Di ruas jalan depan Stasiun, beberapa sopir taksi, ojek, dan pengayuh becak dan bercengkarama. Kemudian menunggu jadwal pemberhentian kereta selanjutnya, lalu kembali mengais rupiah dengan cara menawarkan jasa transportasi. Hampir setiap sudut stasiun belum juga sepi. Barangkali, dalam kehidupan mereka malam bukan lagi sebuah keharusan untuk beristirahat. Karena masih ada pekerjaan atau perjalanan lain yang harus segera dituntaskan –menunggu.[]

 

*)Teks singkat untuk keterangan foto dalam portofolio Waiting Next Destination