Prolog

Kholid Rafsanjani

Foto diambil oleh Dian Teguh Costa

Saya dilahirkan di Gresik, sebuah kota kecil di Jawa Timur pada 1993. Berkuliah di Fakultas Sastra Universitas Jember. Saat kuliah, saya ikut berproses di Lembaga Pers Mahasiswa Sastra (LPMS) IDEAS. Sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bagi saya lebih mirip laboratorium untuk belajar jurnalisme. Ia menerbitkan media berbentuk buletin Partikelir, majalah IDEAS, dan portal berita Persmaideas.com. Selain menerbitkan media, jika tak padat dengan agenda penerbitan, LPMS IDEAS biasanya tiap minggu mengadakan diskusi. Isinya dari soal jurnalisme hingga musik.

Pertengahan 2015, saya mulai aktif menjadi pengurus Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI). Ia beranggotakan Lembaga Pers Mahasiswa dan Unit Kegiatan Pers Kampus Mahasiswa dari banyak perguruan tinggi di Indonesia. Bersama Rachmad Imam Tarecha (eks Pemimpin Redaksi majalah Inovasi, UIN Malang) dan Aidil Santoso (eks Pemimpin Umum Display, Universitas Brawijaya), kami bertiga membuat dan mengelola Persma.org. Sebuah kanal distribusi informasi dan ruang diskusi pers mahasiswa.

Saat ini saya bekerja di CCM Indonesia, sebuah kanal berita teknologi dan komunitas digital. Ia bagian dari kelompok media CCM Benchmark.

Di waktu senggang, selain membuang-buang waktu, saya menengok blog ini sambil jalan-jalan membaca daftar tautan favorit.

Saya terbuka untuk berkirim surel via: rafsanjanikholid@gmail.com. Alamat surel terenkripsi saya juga tersedia jika Anda membutuhkan. Public Key untuk komunikasi terenskripsi bisa diakses lewat tautan ini.